Jumat, 29 Oktober 2010

manusia dan budaya

bila kita ingin mempelajari tentang hubungan manusia dan kebudayaan maka kita harus lebih dulu mendefinisikan 2 kalimat itu.
"MANUSIA"  ialah suatu mahluk ciptaan tuhan yang paling sempurna di antara mahluk lainnya yang dikarenakan manusi memiliki pikiran, pertimbangan, kecerdasan, dan akal.
"BUDAYA" secara harfiah berasal dari Bahasa Latin yaitu Colere yang memiliki arti mengerjakan tanah, mengolah, memelihara ladang (menurutSoerjanto Poespowardojo 1993).
Menurut The American Herritage Dictionary mengartikan kebudayaan adalah sebagai suatu keseluruhan dari pola perilaku yang dikirimkan melalui kehidupan sosial, seniagama, kelembagaan, dan semua hasil kerja dan pemikiran manusia dari suatu kelompok manusia.
Menurut Koentjaraningrat budaya adalah keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan miliki diri manusia dengan cara belajar.
dari keterangan di atas sudah dapat di ketahui bahwa manusia dan budaya adalah satu ikatan yang melekat.
manusia di lahirkan dengan kesempurnaan sehingga dapat membuat suatu budaya yang berisikan suatu pesan untuk kehidupan dan sebagai suatu catatan cerita yang tidak langsung.
budaya ialah hasil cipta karya manusia dalam kehidupan sehari-harinya yang di lihat dan di cermati oleh manusia lain sebagai suatu tingkah laku atau kerajinan yang baik dan layak untuk di ikuti dengan manusia lain dan di turunkan untuk keturunan manusia itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar